80,64% Siswa Asal Kalimantan Tengah diterima di UPR

Universitas Palangka Raya

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 yang dibuka melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) telah selesai dilaksanakan. Universitas Palangka Raya yang menjadi salah satu PTN yang sesuai dengan amanat Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 wajib menjalankan proses penerimaan mahasiswa baru pada ketiga jalur tersebut.

Data dari panitia pusat SNPMB, terdapat sebanyak 4.143 mahasiswa yang lulus di Universitas Palangka Raya, terbagi menjadi 1.084 dari jalur SNBP, 1.699 orang dari jalur SNBT dan 1.360 orang dari jalur SMMPTN dimana Universitas Palangka Raya tergabung dalam Badan Kerja Sama PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat) yang diketuai oleh Universitas Sumatera Utara (USU).

Dari 4.143 mahasiswa yang lulus pada ketiga jalur tersebut, 80,64% tercatat adalah siswa asal SMA/SMK di Kalimantan Tengah, dimana pada prodi terketat yaitu Pendidikan Kedokteran (S1) tercatat sebanyak 42,34% adalah lulusan asal SMA/SMK di Provinsi Kalimantan Tengah