3717 Peserta akan mengikuti UTBK di UPR

Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Test (UTBK-SNBT) Tahun 2023 Universitas Palangka Raya resmi dibuka oleh Rektor Universitas Palangka Raya Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, bertempat di Gedung UTBK Universitas Palangka Raya, di dampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, M.A, Plt. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Darmae Nasir, M.Si., M.A., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni, Wijanarka, S.T., M.T, Ketua Satuan Pengawas Internal, Kepala Biro dan Pimpinan Dekanat di Lingkungan Universitas Palangka Raya.
Ketua Pelaksana UTBK SNBT UPR Tahun 2023, yang merupakan Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan, Iring, S.E., M.Si bahwa UTBK SNBT diikuti oleh 3.717 peserta yang berasal dari 17 Provinsi yang ada di Indonesia. Ketua Pelaksana juga menyampaikan bahwa UPR mempersiapkan 13 ruang ujian yang berlokasi di UPT TIK, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Lab UTBK. Kegiatan SNBT akan berlangsung sebanyak 15 sesi, dimana setiap harinya akan ada 2 sesi yaitu sesi pagi pukul 06.45 WIB dan sesi siang 12.30 WIB.

Materi UTBK yang akan diujikan salah satunya berupa Tes Potensi Skolastik yang meliputi kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Selain itu terdapat pula tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Tes Penalaran Matematika. 


Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Salampak, M.S, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada calon mahasiswa yang telah mendaftarkan diri di UPR, dimana Rektor menyampaikan bahwa UPR terus berkomitmen dalam upaya peningkatan IPTEK dan Seni guna memingkatkan kompetensi serta daya saing baik pada tingkat regional, nasional maupun internasional.

Rektor juga menyampaikan bahwa tahun akademik 2023/2024 Universitas Palangka Raya membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu:
(1) Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), dimana pada jalur ini UPR telah menerima sebanyak 1.360 calon mahasiswa yang tersebar di berbagai Program Studi yang ada.
(2) Jalur Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT) dimana saat ini tercatat jumlah peminat yang mendaftar sebanyak 3.717 orang dimana pelaksanaannya dilakukan dua tahap yaitu: Tahap I, diikuti 3.614 peserta, dilaksanakan 8-14 Mei 2023 dengan pola pelaksanaan 15 sesi yang tersebar di beberapa lokasi di lingkungan UPR. Tahap II diikuti oleh 103 peserta, yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2023.
(3) Jalur Mandiri, dimana saat ini Universitas Palangka Raya tergabung dalam Konsorsium PTN Wilayah Barat dimana pendaftaran dibuka pada tanggal 8 Mei – 27 Juni 2023, dimana test pada jalur mandiri akan dilaksanakan pada tanggal 3-14 Juli 2023.


Rektor UPR menyampaikan komitmen bahwa selama pelaksanaan UTBK SNBT di UPR, kegiatan akan berjalan sesuai dengan pedoman operasional baku serta sesuai dengan tata tertib yang telah dikeluarkan oleh panitia penyelanggara. Seusai membuka UTBK SNBT, Rektor beserta jajaran menyempatkan untuk meninjau lokasi pelaksanaan, untuk melihat secara langsung pelaksanaan UTBK SNBT pada hari pertama.