3400 Peserta mengikuti PKKMB UPR 2024

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Palangka Raya (UPR) tahun 2024, hari ini Senin,12 Agustus 2024 resmi dimulai dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari secara tatap muka/offline dengan tempat penyelenggarakan terpusat di Aula Palangka UPR.

Dalam laporannya, Ketua Panitia PKKM UPR tahun 2024, Dr. Sunaryo Neneng, S.E., M.P menyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 3400 orang yang berasal dari 8 fakultas dengan rincian sebagai berikut : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (887), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (623), Fakultas Pertanian (432), Fakultas Teknik (426), Fakultas Hukum (348), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (416) dan Fakultas Kedokteran (145) serta Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (123). Kemudian berdasarkan sebaran asal peserta, mereka berasal dari 25 provinsi dari total 38 provinsi yang ada di Indonesia.

Rangkaian kegiatan PKKMB UPR dibuka secara langsung Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S yang dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Pendidikan Tinggi merupakan bagian dari Sistem Pendidikan Nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi globalisasi di berbagai bidang. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan, agen penggerak dan agen pelopor untuk menhasilkan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sejak tahun 2020 telah meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai upaya memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sesuai minat dan bakatnya. Manusia harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lincah dan ulet (Powerfull agile learner). Kebijakan ini ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang tangguh dan releven dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Pendidikan Tinggi bertugas menyiapkan para calon pemimpin masa depan yang selain memiliki kemampuan akademik (hard skill) yang tangguh juga mengembangkan aspek keterampilan kemanusiaannya atau perilaku personal dan antar personalnya (soft skill) serta keterampilan kepemimpinannya (leadership skill).

Mengingat pentingnya kegiatan PKKMB ini, Rektor UPR meminta agar seluruh mahasiswa baru dapat mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan dengan sungguh-sungguh dan mengikuti semua proses dengan sebaik-baiknya karena saat ini adalah masa transisi menjadi manusia yang mandiri, serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dalam menempuh Pendidikan di perguruan tinggi.

Berbagai materi diterima oleh para peserta kegiatan ini, yang dberikan oleh para narasumber baik dari dalam maupun luar UPR diantaranya materi tentang Sistem Pendidikan di Universitas dan MBKM oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Natalina Asi, M.A, materi tentang Literasi Finansial untuk Mahasiswa dengan pemateri Plt. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Drs. Darmae Nasir, M.Si., M.A., Ph.D serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wijanarka, S.T., M.T yang memberikan materi tentang Berprestasi dalam Kompetisi dan Lulus Tepat Waktu. Sementara itu materi tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara disampaikan oleh Kolonel (Inf) Ulysses Sondang, S.I.P., M.Hum yang sehari-hari menjabat Kepala Staf Korem 102 Panju Panjung.