Home
Berita
PELATIHAN PENERAPAN SISTEM APLIKASI MOBILE-LEARNING MATERI ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN (SARITHA-APPS) SEBAGAI UPAYA EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP PADA KAUM MUDA DI KOTA PALANGKA RAYA
Cover Berita

PELATIHAN PENERAPAN SISTEM APLIKASI MOBILE-LEARNING MATERI ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN (SARITHA-APPS) SEBAGAI UPAYA EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP PADA KAUM MUDA DI KOTA PALANGKA RAYA

Dampak signifikan dari adanya pembatasan kontak sosial akibat wabah Covid-19 adalah keterbatasan aktivitas layanan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat secara face-to-face oleh berbagai instansi dan organisasi pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat. Dalam upaya memberikan edukasi lingkungan hidup dengan mengikuti perkembangan digitalisasi maka diperlukan media yang dapat membantu dalam memberikan informasi yang mudah diterima oleh masyarakat terutama kaum muda.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Tim Dosen dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya, dengan Ketua Tim PKM, Dr. Saritha Kittie Uda, S.Si., M.Sc., bekerjasama dengan mitra dari Yayasan Borneo Institute (BIT) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan Pelatihan Penerapan Sistem Aplikasi Mobile-Learning Materi Ilmu Pengetahuan Lingkungan (Saritha-Apps) sebagai Upaya Edukasi Lingkungan Hidup pada Kaum Muda di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus 2022 di Kantor Yayasan Borneo Institute (BIT) di Kota Palangka Raya, Kalteng.

Kegiatan pelatihan PKM ini bertujuan untuk memberikan alternatif media edukasi dengan menggunakan Sistem Aplikasi Mobile Learning Materi Ilmu Pengetahuan Lingkungan atau disingkat SARITHA-Apps sebagai media penunjang pelayanan transfer pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatan kesadaran dan kepekaan terhadap isu-isu lingkungan dan tantangan pada lingkungan hidup sekitar. Target dari kegiatan Pengabdian PKM ini adalah para penyuluh lingkungan hidup (relawan) di BIT dengan para peserta didik binaan khususnya kaum muda dari lokasi-lokasi binaan dari Yayasan Borneo Institute di Kota Palangka Raya.

Sebanyak 30 peserta hadir mengikuti kegiatan ini, dengan didahului beberapa Kata Sambutan dari UPR oleh Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, Dr. Yula Miranda, M.Pd., sambutan dari Direktur BIT, Yanedi Jagau, M.Si., dan sambutan dari Ketua Tim PKM, Dr. Saritha Kittie Uda, S.Si., M.Sc. Kegiatan Pelatihan meliputi: Presentasi pengenalan aplikasi mobile-learning SARITHA-Apps dan Praktik penerapan aplikasi mobile-learning SARITHA-Apps oleh peserta.

Tim PKM FKIP UPR terdiri dari Dr. Saritha Kittie Uda, S.Si., M.Sc. (Ketua Tim) dan Anggota-anggota yaitu Dr. Yula Miranda, M.Pd., Rio Eka Desi Purwandari Hartanti, M.Pd, Elda Susanti E.B. Dopo, S.Kom., dan dibantu oleh beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yaitu Noor Saniah dan Siti Nur Hayati dengan Mitra dari Yayasan Borneo Institute (BIT).

Melalui pelatihan ini diharapkan agar penggunaan aplikasi Mobile-Learning SARITHA-Apps dapat tersosialisasi dengan baik di kalangan muda dalam rangka mendukung fasilitas pelayanan kampanye pelestarian dan perubahan lingkungan hidup yang lebih berkualitas dan berkelanjutan serta dapat menghasilkan berbagai saran dan rekomendasi dalam penerapan media edukasi lingkungan hidup berbasis Mobile-Learning.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FKIP UPR Prodi Pendidikan Biologi bekerjasama dengan mitra dari Yayasan Borneo Institute (BIT)

Lokasi kegiatan:

Kantor Yayasan Borneo Institute (BIT) Jl. Sangga Buana II Selatan Nomor 63 Palangka Raya, Kalteng